Skip navigation

Nahhh. . kulo (saya) mucul lagi,. . .mucul lagi. .muncul lagi. .eh muncul lagi saya di inet. . .kali ini saya akan memberikan sedikit tips berdasarkan pengalaman saya pribadi. Saya sangat tertarik banget buat membantu rekan-rekan yang lagi pada ngerjain tugas akhir. Banyak gambaran-gambaran yang nyleneh dan seakan-akan menjadi momok dikehidupan mahasiswa. Buat saya Tugas Akhir itu sangat menantang mungkin pemirsa pada nanya “kok bisa ngerjain TA hanya dalam 5 hari?” wahhh hoax nihh, saya jawab : “benar lho,saya gak bohong, ntar low bohong saya di marahin ma Tuhan” hehehehe. Awalnya saya tu membuat TA dengan judul “Pemeriksaan Kadar Plumbum pada petuga SPBU di Kota Surakarta” , proposal di ACC , ready to do it. Tapi, Alloh berkata lain, kendala dana!!! gak. . gak. . gak. . kuat. Bayangin ajah, duit 2 juta cuma buat TA? Terasa berat. . .terasa berat beban hidupku. . . . .lalalalalala. Maklum saya cuma rakyat jelata. Akhirnya saya ganti judul,proposal, di mulai dari NOL BESAR. Alhamdulillah 5 hari udah kelar. . .keajaiban mungkin kali ya. . . . (Keajaiban adalah suatu titik pertemuan antara usaha dan ridho Illahi)

Apa sih tips dan triknya?
1. Rekan semua harus punya ALUR BERPIKIR tentang TA anda. gimana cihhh alur berpikir itu? gini nih. . .misalnya rekan akan meriksa kadar hemoglobin pada subjek X. berarti alurnya : pengertian hb–>derivat Hb–>sintesa Hb–>Zat-zat yang di butuhkan untuk sintesa Hb–>Gangguan sintesa Hb–>tulis pula pengertian subjek dalam penelitian anda. nahh contoh itu saya rasa cukup. Kembangkan sendiri lah, hidup tu juga butuh improvisasi. Masuk deh dalam tahap ke dua.
2. Pikirkan sebuah metode di otak Anda. . . metode itu banyak. . .ada untung ruginya. . pilihlah suatu metode yang pas dengan kantong anda dan memenuhi standar. misalnya pake fotometer.
3. Pikirkan budget dalam preparasi Anda. . .jangan di gelembungkan,nanti malah kita melakukan korupsi terhadap duit ortu. . (duh yang senyum-senyum bacanya, pasti pernah korup juga)
4. Pikirkan suatu jadwal secara sistematis dan buang2lah jam karet anda. yang harus anda pikirkan adalah -saya waktu itu harus ngapain? -saya waktu itu harus di mana? – saya waktu itu harus bagaimana?. Nih saya kasih contoh. Jam 8 – 10 saya harus di pos buat ambil sampel pada Subjek X . jam 10-10.30 adalah perjalanan. Jam 11-13 Saya harus segera mengerjakan sampel. begitu seterusnya.
5. Kalo semua itu sudah Ada di benak anda, maka cepat-cepatlah di lakukan. Jangan malas – malasan.
6. Jangan lupa, beribadah kepada Tuhan menurut agama dan Kepercayaan Masing-masing. Niscaya, rizki itu datang dari arah yang tidak akan di sangka-sangka

Saya memikirkan itu tidak lebih dari satu  jam. Silahkan di coba. . . .

Tinggalkan Balasan

